" they shall beat their swords into plowshares and their spears into pruning hooks..nation shall not lift up swords against nation..neither shall they learn war anymore "

Senin, 27 Oktober 2014

Pencerahan

Apa yang lebih berat daripada Bumi, lebih luhur daripada langit, lebih cepat daripada angin dan lebih berjumlah banyak daripada gundukan jerami?
=> Ibu lebih berat daripada Bumi. Ayah lebih luhur daripada langit. Pikiran lebih cepat daripada angin dan kekhawatiran kita lebih berjumlah banyak daripada gundukan jerami.
Siapakah kawan dari seorang musafir?. Siapakah kawan dari seorang pesakitan dan seorang sekarat?
=> Kawan dari seorang musafir adalah pendampingnya. Tabib adalah kawan seorang yang sakit dan kawan seorang sekarat adalah amal.
Hal apakah yang jika ditinggalkan membuat seseorang dicintai, bahagia dan kaya?
=> Keangkuhan, bila ditinggalkan membuat seseorang dicintai. Hasrat, bila ditinggalkan membuat seseorang kaya dan keserakahan, bila ditinggalkan membuat seseorang bahagia.
Musuh apakah yang tidak terlihat? Penyakit apa yang tidak bisa disembuhkan? Manusia macam apa yang mulia dan hina?
=> Kemarahan adalah musuh yang tidak terlihat. Ketidakpuasan adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Manusia mulia adalah yang mengharapkan kebaikan untuk semua makhluk dan Manusia hina adalah yang tidak mengenal pengampunan.
Siapakah yang benar-benar berbahagia?. Apakah keajaiban terbesar?. Apa jalannya?
=> Seorang yang tidak punya hutang adalah benar-benar berbahagia. Hari demi hari tak terhitung orang meninggal. Namun yang masih hidup berharap untuk hidup selamanya. Ya Tuhan, keajaiban apa yang lebih besar? 
Perbedaan pendapat membawa pada kesimpulan yang tidak pasti, Antara murid saling berbeda satu sama lain, bahkan tidak ada seorang Guru yang pemikirannya bisa diterima oleh semua. Kebenaran dan tugas, tersembunyi dalam gua-gua hati kita. Karena itu kesendirian adalah jalan dimana terdapat yang besar dan kecil. 
Dunia yang dipenuhi kebodohan ini layaknya sebuah wajan. Matahari adalah apinya, hari dan malam adalah bahan bakarnya. Bulan-bulan dan musim-musim merupakan sendok kayunya. Waktu adalah juru masak yang memasak semua makhluk dalam wajan itu...

Selalulah hidup dalam kebenaran, agar kamu tidak jatuh karena hal hal yang sebenarnya tidaklah penting,..
salam,....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar